Kamis, 01 Desember 2016

Permainan Lompat Katak - Frog Leap - Matematika Itu Menyenangkan

Salam semua sobat, khususnya para petualang indahnya pemandangan Matematika.

Salam juga untuk Peserta Modul Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) yang selalu berbahagia, semoga selalu SMAngat.

Setelah mencoba memahami materi yang disediakan di dalam modul H, mencoba sendiri dengan menggunakan lego yang dimiliki anak saya, serta mencari info di jagat-raya internet, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan yang cukup membantu saya dalam memahami bagaimana menyelesaikan permainan tersebut dengan cepat dan mudah.
Dalam mengerjakan tagihan sesi 3 pada modul H - Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) - setiap peserta harus mengerjakan lembar kerja, dimana salah satu materi yang diminta adalah membuat tabel - berapa banyak lompatan yang terjadi - permainan loncat katak.
Kesimpulan
  1. Cara loncat - menjalankan - katak adalah semudah menyebutkan bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya, dengan bilangan maksimal tergantung berapa banyak pasangan katak yang diminta. Teruslah menjalankan katak dengan bilangan maksimal, sampai tidak bisa lagi, barulah gunakan pola angka menurun, yaitu ..., 3, 2, 1. Done. You did it.
  2. Rumus jumlah lompatan katak adalah n2 + 2n, dimana n adalah nilai banyaknya pasangan katak yang diminta dalam soal.
  3. Masih kurang jelas untuk No.1 kah? Silahkan gali sendiri kemampuan anda dalam menyelesaikan permainan lompatan katak tersebut. ☺☺☺
  4. Tetaplah maju melangkah atau melompat ke - masa - depan. Karena kalau ke belakang, bukan maju namanya. #MyQuote
Untuk permainan loncat katak ini, secara khusus bukanlah hasil karya saya pribadi. Saya memperolehnya dari sana dan sini. Lain kali akan saya up-date link /web dimana saya memperolehnya.


Pasti anda penasaran ingin mencoba sendiri secara langsung permainan loncat katak ini, kan?

Baiklah akan saya share disini permainan loncat katak tersebut, bersama permainan katak lainnya. Saya merasa bahwa permainan ini mungkin menarik buat anak-anak dalam belajar tentang bilangan, juga melatih daya "juang" mereka. 
Silahkan anda memilih permainan loncat katak yang mana anda sukai, di link berikut:
  1. loncat katak hanya 3 pasang, grafik bagus plus sound menarik  SMAngat
  2. loncat katak sampai dengan 6 pasang, grafik biasa minus sound belum selesai
  3. loncat katak melatih daya pikir anak mencari solusi belum selesai
  4. loncat katak belajar bilangan belum selesai
Demikian yang dapat saya sampaikan. SMAngat. Apapun halnya, semoga manfaat.

Hormat saya,
Budi Santoso, ST.
SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar